Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PUPR Kobar akan Bongkar 200 Jamban Tahun ini

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 April 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka menyukseskan program Nol Jamban di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (PUPR) akan membongkar 200 jamban tahun 2021.

Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom mengatakan, program tersebut dilaksanakan sebagai upaya menuju kabupaten sehat. Adapun lokasi yang menjadi sasaran utama yaknib permukiman di tepian Sungai Arut.

"Tahun 2021 ini, target 200 jamban kita bongkar. Yang sudah dibongkar sekitar 50 jamban di tepian Sungai Arut Pangkalan Bun," kata Juni, Minggu, 18 April 2021.

Menurut Juni Gultom, Program Nol Jamban merupakan langkah yang paling sederhana, untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah penyakit masyarakat.

Di awal pelaksanaan program, memang cukup sulit menuangkan seperti di sekitar bantaran DAS Arut - Pangkalan Bun yang meliputi Kelurahan Mendawai, Mendawai Sebrang, Raja dan Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kobar. Namun, setelah dikomunikasikan dengan baik, akhirnya masyarakat dapat memahami.

"Kita bersama pemerintah kelurahan menyosialisasikan pentingnya program 0 jamban, yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui akses pada sanitasi penggunan jamban sehat. Akhirnya masyarakat di bantaran DAS Arut langsung mendukung terhadap pelaksanaan program tersebut," kata dia. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru