Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Tidur di Pedesaan Banyak Belum Tergarap, Bupati Kotim Ungkap Penyebabnya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Mei 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lahan tidur di kawasan pedesaan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ternyata cukup banyak. Hal itu terjadi karena tidak tergarap dan terkelola dengan baik.

Keadaan tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi Bupati Kotim, Halikinnor. Dia ingin kawasan tersebut dikembangkan dan dimanfaatkan masyarakat. 

"Saat berkunjung ke dua desa di Kecamatan Telawang, ternyata saya lihat masih banyak lahan tidur yang tidak tergarap," kata Halikinnor, Kamis, 20 Mei 2021. 

Dia mengungkapkan kendala pengembangan, karena banyak lahan tidur di pedesaan yang masuk kawasan hutan produksi. Sehingga, pihaknya perlu melakukan pengukuhan atau melalui program TORA. 

Tujuannya, agar dapat menjadi lahan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pertanian. Hal tersebut tentunya diharapkan dapat berdampak terhadap peningkatan perekonomian warga pedesaan.

Halikinnor sendiri melakukan kunjungan di Dusun Runting Tada dan Dukuh Sati. Di daerah tersebut juga banyak ditemukan lahan tidur. Ada yang belum tergarap masyarakat karena keterbatasan modal. Namun ada juga karena masuk kawasan hutan produksi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru