Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Pelayanan, Ketua PTA Kalteng Launching 10 Aplikasi Inovasi Pengadilan Agama Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Juni 2021 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ditengah modernisasi saat ini, Pengadilan Agama (PA) Pangkalan Bun Kelas IB berinovasi dengan membuat 10 aplikasi layanan online yang telah resmi dilaunching, Jumat, 11 Juni 2021.

Aplikasi ini dilaunching oleh Ketua PTA Kalimantan Tengah Samparaja di Kantor Pengadilan Agama Pangkalan Bun. Acara yang berlangsung secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 diikuti oleh Ketua PA Pangkalan Bun Juaini, serta pejabat struktural PA Pangkalan Bun.

Samparaja menyampaikan aplikasi ini sangat diharapkan agar Pengadilan Agama Pangkalan Bun Ini bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Dengan aplikasi ini diharapkan bisa mempercepat tugas yang diemban oleh pengadilan agama, bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan pengadilan," katanya.

Aplikasi ini juga merupakan terobosan yang penting di masa pandemi Covid-19, dimana setiap individu diharuskan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan social distancing.

Berikut, ulasan 10 aplikasi yang dilaunching Pengadilan Agama Pangkalan Bun kelas I B.

1. SIJUAI (sistem anjungan administrasi dan informasi). Sistem ini akan dibangun untuk membantu masyarakat para pencari keadilan untuk mendapatkan informasi dan administrasi perkara di pengadilan agama Pangkalan Bun secara online.

2. Ruang Sidang Elektronik, sebuah sistem yang mampu merekam secara audio dan visual kemudian video tersebut bisa dijadikan text untuk mempermudah majelis hakim dan PP yang bersidang. Selain itu sistem ini akan meminimalisir kesalahan dalam pembuatan salinan putusan dan penetapan serta berita acara sidang.

3. Pelayanan Pendaftaran Online, sebuah sistem yang akan mempermudah para pencari keadilan dalam pendaftaran perkara secara online.

4. Aplikasi Posbakum, sebuah aplikasi yang membantu Posbakum dalam pembuatan gugatan dan permohonan, serta dalam pembuatan laporan bulanan Posbakum kepada pengadilan agama Pangkalan Bun.

5. Aplikasi Gugatan Mandiri (Sigap), sebuah aplikasi yang memudahkan para pencari keadilan untuk membuat gugatan dan permohonan secara mandiri.

6. Sidang Keliling Terintegrasi, sebuah sistem yang terhubung dengan server SIPP Pengadilan Agama Pangkalan Bun, sehingga data sidang keliling baik putusan dan berita acara bisa diinput walaupun berada di luar gedung, sehingga data yang masuk up to date.

7. Aplikasi JS Online, sebuah sistem yang terhubung dengan server SIPP Pengadilan Agama Pangkalan Bun, sehingga release panggilan yang telah dilaksanakan jurusita bisa langsung diupload secara online.

8. Si KIPLI (sistem kelola arsip dan laporan terintegrasi), aplikasi ini terlahir karena putusnya pengawasan pimpinan dalam pengelolaan perkara yang masih aktif atau berjalan. (karena pengelolaan perkara berjalan tidak ada dalam SIPP). Aplikasi pengarsipan perkara berjalan dan laporan perkara yang dilengkapi cetak blangko yang berstandar APM sehingga membantu panitera muda dalam pemenuhan PKP.

9. Aplikasi Peminjaman Arsip Perkara BHT, aplikasi ini merupakan aplikasi peminjaman arsip yang telah berkekuatan hukum tetap, sehingga bisa mengontrol keluar masuknya arsip perkara di Gudang arsip.

10. SIMANTAN, sistem manajemen persuratan merupakan aplikasi tata persuratan sehingga surat keluar dan masuk bisa diarsipkan secara digital. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru