Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi II DPRD Kalteng Minta Pengelola PLTU Kalteng 1 Perhatikan Kebutuhan Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Juni 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi II DPRD Kalteng meminta kepada PT. Surya Kalimantan Sejati (SKS) yang mengelola PLTU Kalteng 1 di Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gumas berpihak kepada masyarakat.

Keberpihakan yang dimaksud yakni mengenai pembukaan akses bagi masyarakat lokal yang hendak melintasi jalan dan jembatan di kawasan perusahaan tersebut.

"Kami minta PT SKS tidak hanya berpihak kepada masyarakat untuk menyediakan energi listrik saja. Namun juga mendukung kegiatan mereka," kata Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon, Senin, 21 Juni 2021.

Dia menjelaskan, jika memang alasan pihak perusahaan tidak mengizinkan masyarakat melintasi jalan atau jembatan dengan alasan keamanan, maka wajib bagi perusahaaan mencarikan solusinya.

Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, untuk saat ini masyarakat setempat hanya bisa menggunakan sarana transportasi air saja untuk melewati sungai. Sebab tidak bisa melewati jalur darat karena jalan dan jembatan diportal perusahaan.

"Kami harap, apa yang diharapkan masyarakat ini bisa didengar oleh pihak perusahaan. Kami menyarankan agar segera dicarikan solusinya, seperti duduk bersama pemerintah daerah atau desa serta masyarakat. Jangan sampai masalah ini terus berlanjut dan berlarut-larut," tegasnya.

Sementara itu, perwakilan perusahaan PT SKS, Maulana Muhammad mengatakan masyarakat tidak diizinkan melewati jalan dan jembatan karena faktor keamanan.

Pasalnya, sering kali truk pengangkut batu bara yang melintas. Oleh karena ada permintaan terkait hal itu maka pihaknya siap menyampaikan ke pimpinan perusahaan.

Di sisi lain, disebutkannya terkait dengan pemeliharaan jalan negara yang sering kali mereka lewati, pihaknya siap membantu untuk memperbaikainya asalkan bersama-sama secara komprehensif.

"Selama ini kami sudah membantu untuk perbaikan jalan serta penanganan di daerah yang rusak. Akan tetapi, karena disebabkan hujan dan banjir maka jalan kembali rusak. Terkait jalan dan jembatan, kami sadar jika tidak dicarikan solusi bersama maka akan menjadi masalah di kemudian hari," tandasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru