Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kalteng Berinovasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

  • Oleh Apriando
  • 08 Juli 2021 - 09:45 WIB

BORNEONEWS Palangka Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng terus berinovasi dalam melaksanakan tahapan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Tahun 2021. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh, ketua KPU Kalteng, Harmain ibrohim bahwa KPU melakukan Pemutakhiran data juga dengan memanfaatkan kemajuan teknologi data dan informasi dengan dasar keterbukaan informasi.

"Hal ini dapat mengurangi kecurigaan pemilih dan mengurangi potensi manipulasi data. Partai politik juga diharapkan aktif memastikan konstituennya telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan," katanya, Kamis 8 juli 2021.

Harmain menerangkan, KPU Kabupaten/Kota melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan per bulan dan menyampaikan hasil rekapitulasi tersebut kepada Partai Politik, Bawaslu dan Dinas yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil setempat, serta mengumumkan di papan pengumuman kantor, laman website, portal aplikasi dan/atau media sosial.

Daftar Pemilih Berkelanjutan yang disampaikan atau diumumkan adalah data yang mengalami perubahan setiap bulan by name by polling station.

Selain itu, lanjutnya, termasuk dalam pemanfaatan Daftar Pemilih Berkelanjutan adalah dengan memungkinkan digunakannya Daftar Pemilih untuk kegiatan seperti Pemilihan Kepala Desa di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kita juga secara berkala dengan berkoordinasi dengan instansi pemerintah daerah yang menangani administrasi kependudukan, kematian/pemakaman, dan instansi lain terkait," ungkapnya. (APRIANDO/B-5)

Berita Terbaru