Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permudah Akses Katalog Perpustakaan Daerah dengan Aplikasi OPAC

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 28 Juli 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengeluarkan inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam mencari buku Perpustakaan Kalteng melalui aplikasi Online Public Access Catalog (OPAC).

Masyarakat yang ingin mengakses aplikasi ini dapat mengunjungi website resmi Dispusip Kalteng (https://dispursip.kalteng.go.id/) dan memilih ikon clik OPAC. Jika buku-buku yang dicari tersedia OPAC bisa langsung menghubungi admin melalui nomor whatsapp untuk peminjaman di 0822 5056 9900.

“Keistimewaan OPAC adalah para pemakai perpustakaan dapat mengakses katalog dari tempat manapun dan kapan saja,” kata Kabid Layanan, TI dan Kerjasama Perpustakaan Dispusip Kalteng, Kuntep Berkat Asi.

Selain itu, OPAC dinilai akan memberi kemudahan bagi pengguna dalam memakainya serta menyediakan keakuratan dalam menghadirkan data.

Aplikasi tersebut dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus pada saat yang sama, dan memberikan keleluasaan pada pengakses untuk memilih tajuk entri, pengarang, judul, subjek, atau penerbit.

Dia menjelaskan, secara umum, OPAC merupakan suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusuri koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya.

 Apabila kriteria pelayanan berkualitas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua pelayanan perpustakaan akan bisa memberikan kepuasan bagi pustakawan. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru