Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Pencurian Hasil Laut di Kalteng, Dewan Minta Pemerintah Perkuat Pengawasan

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Agustus 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk mencegah hasil laut yang rawan dicuri di Kalteng, Ketua Komisi II DPRD setempat, Lohing Simon meminta kepada pemerintah agar memperkuat pengawasan disekitaran laut yang ada.

Pasalnya, apabila hasil laut secara terus menerus dicuri oleh orang dari luar pulau, maka nelayan yang ada di Kalteng akan rugi besar sebab dari segi penghasilan pasti akan menurun.

"Dalam melakukan pengawasan juga tentu perlu dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Oleh karenanya, ini dapat menjadi perhatian pemerintah untuk mengadakannya," ucap Lohing, Kamis, 26 Agustus 2021.

Dia mengatakan, kewenangan pengamanan potensi wilayah laut berada ditangan pemerintah pusat dan provinsi. Maka dari itu ia mengusulkan supaya setiap daerah yang memiliki potensi hasil laut agar di dirikan UPTD pengawasan perikanan.

"UPTD ini dibentuk bertujuan untuk mencegah pencurian potensi hasil laut yang ada. Jadi apabila dilakukan pengawasan hasil laut dapat terjaga dan bisa dinikmati nelayan kita sendiri," tuturnya.

Dirinya berharap, hal ini bisa menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah terhadap perlindungan potensi hasil laut di provinsi ini. Sehingga kedepan nelayan yang ada dapat sejahtera terutama pada peningkatan perekonomian. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru