Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Terdampak Banjir Diingatkan Pentingnya PHBS

  • Oleh Hendri
  • 17 September 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo mengingatkan masyarakat perlu mewaspadai penyakit susulan yang bisa muncul sebagai dampak dari bencana banjir.

Dirinya menyampaikan, beberapa penyakit yang bisa muncul sebagai imbas dari banjir di antaranya infeksi kulit, Leptospirosis, diare, ISPA, DBD, tifus.

Penyakit itu merupakan penyakit infeksi pada manusia dan hewan yang disebabkan oleh bakteri Yersenia pestis. Penyebaran penyakit-penyakit tersebut dibawa oleh luapan air sungai yang kotor dan bercampur dengan kotoran serta limbah yang dihasilkan pada lingkungan rumah yang terdampak banjir.

Untuk itu, Andjar mengingatkan masyarakat agar senantiasa waspada dan mencegah penyebaran penyakit tersebut. Ia mengimbau agar masyarakat dapat menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Menjaga kebersihan sanitasi dan lingkungan hingga tempat pengungsian, menjaga kebersihan makanan dan minuman, serta pemenuhan nutrisi tubuh yang cukup," katanya, Jumat, 17 September 2021.

Tak lupa juga Andjar berpesan agar masyarakat tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan 5 M meskipun berada ditengah bencana banjir. Selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas adalah upaya untuk mencegah terapar virus Covid-19.

"Apabila ada keluhan kesehatan agar segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Bisa juga menghubungi tim relawan dan petugas kesehatan yang selalu standby pada posko relawan yang disediakan pada titik-titik banjir yang ada," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru