Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musyawarah Desa Mulai Digelar di Wilayah Kecamatan Dusun Timur, Ini Yang Dibahas

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 September 2021 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Desa yang ada di Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur mulai menggelar musyawarah desa atau Musdes. Dari 16 desa, hingga hari ini sudah 3 desa yang telah melaksanakan Musdes.

"Musdes dimulai hari Senin tanggal 20 September di Desa Haringen, kemarin Desa Mangkarap dan hari ini di Desa Sarapat. Kami menargetkan pertengahan Oktober semua 16 desa sudah selesai melaksanakan Musdes," ungkap Camat Dusun Timur Ristanto Pratomo, Rabu, 22 September 2021.

Menurutnya, Musdes dilaksanakan di setiap desa untuk penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa atau RKPDes. Yakni dokumen penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau RPJM Desa untuk periode satu tahun yang sebelumnya sudah dibahas dalam Musyawarah Pembangunan Desa atau Musrenbangdes.

Musdes juga merupakan bentuk pertanggungjawaban pemerintah desa kepada masyarakat atas usulan-usulan yang sudah disampaikan.

"Jadi dalam Musdes ini usulan yang masuk dipilah mana yang dapat dimasukkan ke APBD Barito Timur dan mana yang dimasukkan dalam usulan  ke desa yang didanai dari APBDes," jelas Ristanto.

Dia menambahkan, khusus usulan masyarakat yang didanai dari APBDes yang kemungkinan bisa direalisasikan pada tahun 2022, maka harus ditetapkan dalam Musdes tersebut. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru