Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Komisi A DPRD Ini Minta Perkuat Mitigasi Bencana Gunakan Teknologi

  • Oleh Hendri
  • 24 September 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya dari Fraksi Partai NasDem, Jhony Arianto Satria Putra mengatakan, untuk mencegah meluasnya dampak banjir, salah satu upaya yang harus diperkuat ialah sistem mitigasi bencana menggunakan teknologi.

"Memang banjir yang terjadi di beberapa titik di wilayah Kota Palangka Raya saat ini merupakan banjir kirimam dari wilayah hulu. Memang ada baiknya untuk pencegahan di setiap area permukiman yang ada di bantaran sungai melalui upaya mitigasi bencana," katanya, Jumat 24 September 2021.

Sistem mitigasi awal menurut anggota Komisi A ini juga baiknya menggunakan alarm bencana banjir dan pengukur debit air otomatis.

Sehingga nantinya masyarakat bisa tau bahwa kesignifikanan debit air akan naik. Sistem seperti itu juga telah digunakan pada bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

"Belajar dari bencana yang kerap melanda, harus ada upaya pencegahan dini yang lebih tersistem," ungkapnya.

"Misalkan adanya sistem seperti itu, maka masyarakat bisa sempat untuk melakukan evakuasi barang-barang yang ada di dalam rumah atau mengungsi ke tempat yang lebih aman," imbuhnya.

Diketahui, hingga saat ini dari 30 kelurahan yang ada, 17 di antaranya terdampak banjir. Ada 3.856 kepala keluarga dan 9.907 warga harus terganggu aktivitasnya karena kawasan permukimannya sudah terendam air. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru