Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemko Lakukan Pembinaan pada Pengemis Agar Tak Kembali ke Jalan

  • Oleh Hendri
  • 16 Mei 2024 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf, meminta pemerintah daerah setempat untuk memberikan pendampingan lebih lanjut kepada para pengemis yang telah ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Wahid mengatakan, penindakan terhadap pengemis memang perlu dilakukan untuk menjaga ketertiban umum.

Namun, hal itu harus diikuti dengan upaya pembinaan dan pendampingan agar mereka dapat kembali produktif dan mandiri.

"Penindakan saja tidak cukup, harus ada pembinaan dan pendampingan yang lebih intensif dari pemerintah daerah. Tujuannya agar mereka bisa kembali produktif dan tidak lagi bergantung pada belas kasihan orang lain," katanya, Kamis, 16 Mei 2024.

Menurutnya, pemerintah daerah harus menyediakan program-program yang dapat memfasilitasi para pengemis untuk memperoleh keterampilan dan lapangan pekerjaan yang layak.

"Pemko harus menyiapkan program pemberdayaan yang dapat membantu mereka memiliki keahlian dan pekerjaan tetap. Sehingga mereka tidak lagi tergoda untuk mengemis di jalan," ujarnya.

Wahid berharap, dengan adanya pendampingan yang komprehensif, permasalahan pengemis dapat diatasi secara tuntas. Sehingga ketertiban umum dapat terjaga dan warga kota dapat hidup dengan nyaman.

"Kami berharap Pemko bisa menangani masalah pengemis ini dengan baik, mulai dari penindakan, pembinaan, hingga pendampingan. Sehingga mereka bisa kembali produktif dan mandiri," pungkasnya. (HENDRI/j)

Berita Terbaru