Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Harap Jaringan Irigasi Wilayah A5 Segera Difungsikan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 September 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo berharap jaringan irigasi yang dibangun di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas dapat segera selesai dan difungsikan.

“Kita terus mendorong agar pembangunan infrastruktur terkait dengan irigasi dan jaringan dapat dibangun dengan baik sehingga proses penanaman padi di kawasan food estate dapat segera tercapai,” sebut Edy, Sabtu 25 September 2021.

Terkait irigasi food estate, progres kegiatan pengembangan food estate Kalteng dari aspek infrastruktur irigasi telah disampaikan Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Ali Jamil sejak tahun 2020.

Kementerian PUPR sudah mulai melakukan rehabilitasi infrastruktur irigasi pada luasan 2.000 hektar di wilayah Kecamatan Dadahup.

Kemudian tahun ini, Kementerian PUPR fokus pada kegiatan rehabilitasi infrastruktur irigasi di wilayah Blok A seluas 43.503 hektar. Saat ini, sedang berjalan kegiatan konstruksi perbaikan jaringan irigasi.

Adapun program pengembangan food estate diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. Kawasan lokasi lumbung pangan difokuskan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

 Food estate menggunakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Program ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru