Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemerintah Bantu Para Petani di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 24 November 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sriosako meminta kepada pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota agar bisa membantu para petani di Kalimantan Tengah.

Dia mengatakan pemberian bantuan kepada para petani sangat penting untuk kelangsungan usaha pertanian yang digeluti oleh masyarakat atau masyarakat yang hendak memulai usaha pertanian.

"Semenjak pandemi tentu banyak usaha masyarakat yang terdampak termasuk pada sektor pertanian. Apalagi yang berada diwilayah pelosok," ujarnya, Rabu, 24 November 2021.

Dia menyebut sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah melalui ketahanan pangan, baik itu pertanian maupun peternakan.

Oleh karenanya hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat petani ada baiknya direalisasikan seperti bantuan bibit, pupuk, alsintan serta sarana dan prasarana lainnya.

Tidak lupa ia mengingatkan, perhatian tidak hanya diberikan pada petani persawahan saja, akan tetapi juga para peladang karena sejumlah wilayah di Kalteng merupakan perbukitan dan tidak cocok untuk mengimplementasikan sistem persawahan.

"Perlu diingat, bahwa tidak semua daerah di Kalteng cocok diterapkan sistem persawahan," sebutnya.

"Sehingga perlu adanya perhatian bagi para peladang, mengingat sistem berladang merupakan satu-satunya cara bertahan hidup bagi masyarakat lokal yang tinggal diwilayah pelosok khususnya perbukitan," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru