Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebelum Mudik, Harus Pastikan Kesehatan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Desember 2021 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Kalimantan Tengah (Kalteng), Rini Fortina mengimbau masyarakat yang berniat mudik untuk terlebih dahulu memastikan kesehatannya.

Dimulai dengan memastikan diri sudah tervaksinasi Covid-19 secara lengkap. Selain itu juga memastikan tubuh dalam kondisi sehat, dan memastikan diri tidak terpapar Covid-19 dengan melakukan tes baik PCR atau swab Antigen.

“Kondisi diri adalah hal mutlak untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan. Sebab, meski sudah tervaksinasi kita masih bisa terpapar Covid-19,” tuturnya, Selasa, 14 Desember 2021.

Menurutnya, akan berbahaya saat di rumah ada yang masuk dalam kelompok rentan, seperti orang tua atau balita. Selain itu, ia mengimbau jika tubuh sakit atau flu, tidak berkumpul dan segera melakukan pemeriksaan kesehatan atau testing.

Di samping itu, ia menilai pemerintah daerah melalui dinas atau otoritas kesehatan setempat bisa juga melakukan melakukan pengawasan terhadap kepatuhan masyarakat terhadap aturan atau kebijakan pencegahan Covid-19.

“Dilakukan pengawasan terhadap kepatuhan, seperti yang selama ini sudah berjalan. Tentunya juga harus terus disosialisasikan kepada masyarakat. Sejauh ini pemerintah itu sudah cukup bijaksana dengan tidak merubah peraturan yang sudah ada,” tambahnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru