Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penjelasan Dukcapil Palangka Raya Terkait Rencana e-KTP Digital

  • Oleh Hendri
  • 03 Januari 2022 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai melakukan uji coba penerapan identitas digital di 50 kabupaten dan kota di Tanah Air. Identitas digital ini berlaku baik yang sudah memegang e-KTP maupun warga yang baru wajib KTP.

Dengan diberlakukannya identitas digital ini tidak ada lagi pencetakan fisik e-KTP dan hanya akan ada kode verifikasi dan QR code. Terkait hal ini Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya Edie memberikan penjelasan.

Dia mengatakan Dukcapil telah mengikuti sosialisasi penerapan identitas digital tersebut pada 2021 kemarin. Disdukcapil memiliki kewajiban menjalankan program pemerintah daerah dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat termasuk penerapan identitas digital.

"Kebijakan ini memang bagus, namun tidak dalam waktu dekat. Mungkin proyeksinya dapat terlaksana disini dalam 4 hingga 5 tahun ke depan. Meskipun kita tidak termasuk salah satu kota yang menjalankan uji cobanya itu, namun apabila telah siap maka kami akan melaksanakannya," katanya, Senin 3 Januari 2022.

Keuntungan yang dimiliki sistem identitas digital dibandingkan dengan e-KTP konvensional seperti yang ada saat ini adalah kemudahan dalam penggunaanya sehari-hari. Masyarakat tak perlu lagi membawa e-KTP fisik saat melakukan pengurusan administrasi,tapi  cukup melalui telepon genggam sehingga lebih mudah.

Namun yang menjadi salah satu kelemahan penerapan sistem identitas digital di Kota Cantik adalah ketersediaan layanan internet pada daerah pinggiran kota.

Edie mengakui jika sejumlah kawasan terluar masih ada yang ada di wilayah blank spot atau tidak memiliki sinyal, hingga tidak semua penduduk mampu memiliki akses untuk menggunakan telepon genggam berbasis android.

"Semoga dalam beberapa waktu ke depan Kota Palangka Raya telah siap dalam hal sarana dan prasarana identitas digital ini. Disdukcapil sendiri akan terus melakukan integritas data kependudukan," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru