Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penghentian Ekspor Batubara Dinilai Pengaruhi Saham Emiten Batubara

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Januari 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bursa Efek Indonesia Kalimantan Tengah, Stephanus Cahyo Adiraja menilai bahwa kebijakan penghentian ekspor batubara Indonesia beberapa waktu lalu tentu saja memberikan pengaruh terhadap beberapa saham emiten batubara.

"Pasti ada pengaruhnya, kebijakan ini sempat mempengaruhi beberapa saham emiten batubara yang tentu saja juga dirasakan oleh investor di Kalteng," kata Cahyo pada Kamis, 13 Januari 2022.

Menurut Cahyo, sesaat setelah diumumkannya kebijakan penghentian ekapor batubara tersebut, beberapa emiten batubara langsung terkoreksi.

"Tetapi pergerakannya kembali mengalami rebound setelah larangan ekspor tersebut dicabut. Hal ini dikarenakan harga batubara di bulan Januari mengalami kenaikan, bahkan sempat menembus angka US$ 200 per ton dan di dalam negeri juga sedang mengalami krisis pasokan batubara," jelas Cahyo lagi.

Cahyo mengatakan, pada Senin lalu atau awal pekan ini, pergerakan harga saham emiten batubara masih sideways dan diperkirakan akan terus mengarah ke arah positif.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Pusat sempat mengeluarkan instruksi untuk penghentian ekspor batubara. Namun pada Selasa lalu kemarin, Menteri Luhut Binsar Pandjaitan kembali membuka jalur ekspor batubara. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru