Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Kapuas Gencarkan Pesantren Ramadan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 April 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Pendidikan (Disdik) gencar melaksanakan Pesantren Ramadan pada satuan pendidikan dasar, mulai dari TK, SD dan SMP sebagai upaya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah.

Kepala Disdik Kapuas Suwarno Muriyat mengutarakan, hampir seluruh TK, SD dan SMP se Kabupaten Kapuas memanfaatkan momentum bulan Ramadan 1443 Hijriah ini dengan menggelar PPK dalam bentuk Pesantren Ramadan bagi yang beragama Islam.

“Dalam satu waktu yang bersamaan pada satuan pendidikan, digelar pula kegiatan keagamaan bagi siswa yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Kaharingan dan Budha dengan pemateri oleh Guru Agama atau narasumber yang berkompeten sesuai dengan ajaran agama masing-masing,” katanya, Jumat, 22 April 2022.

Lebih lanjut, dia menambahkan jika PPK dilaksanakan secara bervariasi baik metode, strategi maupun jumlah waktunya tiap satuan pendidikan.

"Sehingga sasaran utama yakni peningkatan kualitas mutu pendidikan yang sejalan dengan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas dapat terwujud," tuturnya.

Sebelumnya, MAS Muntoha selaku Korwil Bidang Pendidikan (Korbidik) Kecamatan Selat menyampaikan jika kegiatan PPK di SDN 3 Selat Hilir merupakan sesi akhir.

"Sedangkan satuan pendidikan lainnya telah menyelenggarakan di awal bulan puasa dan dirinya bersama Pengawas Pendidikan Agama, TK dan SD se Kecamatan Selat senantiasa hadir dan memberi dukungan atas kegiatan PPK," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru