Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Ajak PBS Kolaborasi Perbaiki Ruas Jalan Tumbang Samba

  • Oleh ANTARA
  • 21 Mei 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah melalui Camat Katingan Tengah Yobie Sandra mengundang sejumlah pengusaha lokal dan perusahaan besar swasta (PBS) kelapa sawit yang beroperasi di wilayah itu.

"Pertemuan dimaksudkan untuk mengajak para pengusaha lokal dan PBS yang beroperasi di Kecamatan Katingan Tengah bekerja sama memperbaiki kerusakan jalan di dalam kota Tumbang Samba," kata Yobie saat membuka pertemuan tersebut di Aula Minon Dehen Tumbang Samba, Jumat.

Dia menjelaskan kondisi jalan rusak yang mesti segera diperbaiki berada di antara Desa Samba Danum dan Kelurahan Samba Kahayan. Kerusakan jalan itu sudah sejak lama dikeluhkan oleh warga.

Menyikapi keluhan warga pihaknya melaporkannya ke pimpinan tingkat kabupaten dan instansi tertentu yang menangani bidang jalan. Hanya memang sampai saat ini belum ada realisasi perbaikan seperti yang diharapkan.

"Kami harapkan pengertian masyarakat bahwa kantor Kecamatan Katingan Tengah tidak memiliki dana untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut. Kecamatan hanya memiliki fungsi pelayanan saja," ucap dia.

Dia menyampaikan karena keterbatasan anggaran, Pemerintah Kabupaten Katingan tahun ini hanya melakukan pembangunan dan perbaikan jalan di Jalan Suhada, Jalan Tembus dari jembatan menuju SMA, Jalan Merdeka Samba Danum dan Jalan Samba Kahayan-Batu Badinding.

Menurut Yobie, karena keterbatasan anggaran tersebutlah makanya perlu komitmen masyarakat, pengusaha lokal, PBS dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam melakukan perbaikan jalan.

Pihaknya pun berinisiatif menggandeng para PBS dan pengusaha lokal yang ada di wilayah itu untuk berkolaborasi menyelesaikan permasalahan yang ada.

"Saya bersyukur niat baik ini disambut para pengusaha dan PBS," tuturnya.

Selanjutnya para pihak telah sepakat akan membentuk tim kecil yang dikoordinasi oleh Kepala Seksi Pembangunan Kantor Camat Katingan Tengah. Tim kecil bertugas menginventarisir spot-spot kerusakan jalan sekaligus menghitung estimasi biaya dan material yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan tersebut.

"Komitmennya setelah tugas tersebut selesai maka segera akan dilakukan perbaikan," demikian Yobie Sandra .

Turut hadir dalam rapat itu diantaranya anggota DPRD Katingan Dapil III Ledie Aberson, Danramil 1015 Tumbang Samba, H. Margus, Anggota Polsek Katingan Tengah, Karyoto, Damang Katingan Tengah, Kepala Desa Samba Danum, Lurah Samba Kahayan, LPM Samba Kahayan dan anggota BPD Samba Danum.

Berita Terbaru