Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemprov Bangun Pabrik Pengolah CPO di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Juni 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon mendorong pemprov agar dapat memikirkan untuk mendirikan pabrik pengolah crude palm oil (CPO) sawit di Kalteng.

Menurutnya, Kalteng sebagai salah satu daerah penghasil CPO sawit terbesar di Indonesia harus dapat berinovasi dengan mendirikan pabrik pengolah CPO, dan itu bisa dilakukan melalui perusahaan daerah (Perusda) yang ada.

"Melihat potensi itu, sudah sewajarnya jika Kalteng memiliki pabrik pengolah CPO sawit, sehingga kelangkaan minyak goreng dan mahalnya harga bisa diminimalisir," kata dia, Rabu, 8 Juni 2022.

Selain itu, mengingat harga tandan buah segar (TBS) sawit yang kerap kali mengalami ketidakstabilan harga, karena perusahaan semaunya dalam menentukan harga maka dengan adanya pabrik itu di diharapkan harga TBS sawit dapat stabil khususnya di Kalteng.

"Ini juga dapat memberikan kestabilan bagi harga TBS sawit itu sendiri. Contohnya sekarang ini saja harga sawit di Kalteng drop, karena perusahaan semaunya dalam menentukan harga. Jadi, adanya pabrik pengolah CPO harapan kita bisa menjadi solusi," tuturnya.

Dirinya meyakini, apabila hal itu dapat direalisasi atau diwujudkan oleh pemda maka akan dapat memberikan dampak yang baik bagi para petani sawit di Kalteng dan juga ketersediaan minyak goreng serta harga yang terjangkau.

"Langkah seperti ini harus bisa diambil pemprov guna untuk menyalamatkan hasil kebun masyarakat, juga dampak positif lainnya. Paling tidak masalah minyak goreng serta harganya kita tidak pusing lagi memikirkannya," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru