Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ormas Diajak Terapkan Falsafah Huma Betang

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Juni 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kalimantan Tengah (Kalteng) diajak untuk menerapkan falsafah daerah, huma betang.

“Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah sendiri, memiliki pedoman falsafah budaya kehidupan yaitu Huma Betang,” sebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kalteng, Katma F Dirun saat membacakan sambutan gubernur di Aula Eka Hapakat, Senin 20 Juni 2022.

Huma Betang dikenal secara luas dengan istilah rumah besar, yang ditempati/dihuni oleh banyak orang dengan beragam agama dan kepercayaan.

Namun walaupun dengan keberagaman penghuni rumah tetap hidup berdampingan, rukun, saling menghormati, damai dan harmonis.

“Sehingga Huma Betang menjadi sebuah simbol filosofis kehidupan masyarakat di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

Katma menyampaikan melalui konsep Huma Betang, berbagai program pembangunan di wilayah Kalteng diterapkan, artinya masyarakat diajak secara toleran dan bahu membahu membangun wilayah.

“Tidak terkecuali juga dilakukan dan diterapkan oleh seluruh komponen masyarakat baik Pemerintah, Swasta maupun Organisasi Kemasyarakatan,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru