Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagperin Kalteng Ajak Masyarakat Seruyan Optimalkan Potensi Perikanan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 Juni 2022 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengajak masyarakat Kabupaten Seruyan mengoptimalkan industri berdasarkan potensi yang dimiliki.

Salah satunya dengan memanfaatkan keunggulan hasil perikanan yang melimpah di sepanjang garis pantai Kabupaten Seruyan.

“Kabupaten Seruyan yang terletak di garis pantai memiliki potensi hasil laut yang besar dengan komoditi unggulan adalah ikan tenggiri dan ikan pipih,” sebutnya seperti dikutip dari MMC Kalteng.

Menurutnya, hasil laut tersebut bisa dimaksimalkan tidak hanya dengan dikonsumsi dalam bentuk ikan segar, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai produk pangan.

“Berlimpahnya hasil laut ini, selain untuk dikonsumsi langsung, juga dapat diolah menjadi produk-produk pangan seperti kerupuk, amplang, abon, aneka Frozen Food yang berbahan dasar ikan dan lain-lain,” tutur Aster.

Mendorong hal itu, Disdagperin Kalteng menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengembangan produk olahan hasil laut. Kegiatan diikuti 30 peserta yang berasal dari para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) sektor pangan di Kabupaten Seruyan.

Bimtek tersebut sudah dimulai dari kemarin dan diagendakan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 22 Juni 2022 sampai 24 Juni 2022. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru