Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MPLS Selesai, Siswa Baru SMP Negeri 2 Sampit Ditampung Tawar

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 14 Juli 2022 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sampit akhirnya berakhir, hari ini, 13 Juli 2022. Tradisi tampung tawar pun mewarnai penutupan kegiatan tersebut.

"Hal ini dimaksud agar peserta didik lebih mengenang momentum ini. Tampung tawar menandai syukur atas MPLS yang dilaksanakan dengan lancar," ungkap Kepala SMP Negeri 2 Sampit, Abdurrahman. 

Hal ini secara tidak langsung juga dimaksud untuk mengenalkan tradisi orang-orang terdahulu. Terutama di lingkungan warga asli Kalimantan yakni Suku Dayak. 

Ritual Tampung Tawar dalam Suku Dayak bisa diartikan sebagai cara untuk mengucap syukur, mengharapkan kebaikan serta simbol menolak bala atau musibah.

"Tradisi budaya ini harus dilestarikan dan spiritnya dapat mendukung pembangunan,” katanya.

Selain itu, makna tampung tawar juga biasa digunakan untuk menyambut tamu. Serta simbol ucapan selamat datang di tempat tradisi tampung tawar.

"Ini juga sebagai ucapan selamat datang bagi peserta didik. Mereka kini telah resmi menjadi warga sekolah setelah sebelumnya harua bersaing ekstra dengan calon peserta didik lewat berbagai jalur penerimaan peserta didik baru," ujarnya.

Semua siswa baru pun tampak senang saat ditampung tawar. Sebab dengan begitu mereka akan resmi menyandang status sebagai pelajar SMP. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru