Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PMD Kapuas Sosialisasi dan Simulasi Pilkades Serentak di Kecamatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Juli 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas telah melaksanakan sosialisasi dan simulasi pemungutan suara pada Pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak tahun 2022 menyasar kecamatan-kecamatan.

Seperti yang telah dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Kapuas Timur, kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas PMD Kapuas Yanmarto, didampingi Camat Kapuas Timur Sarifudin dan unsur muspika Kecamatan Kapuas Timur, serta dihadiri peserta yang terdiri dari panitia pemilihan kepala desa se Kecamatan Kapuas Timur.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas Yanmarto menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang membantu dalam tahapan jadwal Pilkades sampai saat ini sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Yanmarto berharap dengan dilakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pilkades ini bisa dipahami dengan baik dan diimplementasikan ketika hari pemungutan suara tiba.

“Kami berharap ke depannya, tugas ini bisa kita tuntaskan tahapan-tahapan selanjutnya seperti yang akan datang adalah masa kampanye," kata Yanmarto, Kamis, 14 Juli 2022.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa kampanye ada dua jenis, sejak calon kepala desa ditetapkan sebagai calon itu boleh melakukan kampanye yang bersifat tertutup yang dilakukan secara dialogis.

Dirinya menjelaskan mengenai kampanye tertutup, kampanye tertutup atau terbatas yang dilakukan dengan menemui satu atau dua orang (bertatap muka), kemudian tidak menggunakan fasilitas umum, tidak difasilitasi oleh panitia serta tidak mengundang orang banyak.

“Yang kedua adalah kampanye terbuka atau yang terjadwal dilaksanakan selama tiga hari, sifat kampanye terbuka ini seperti mengundang orang banyak, menggunakan fasilitas umum dan difasilitasi oleh panitia, contohnya jadwal kampanye disusun oleh panitia, semua calon harus mempunyai visi dan misi untuk program Desanya,” jelasnya.

Yanmarto berharap Pilkades yang dilaksanakan serentak di Kabupaten Kapuas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta terpilihnya Kepala Desa yang bertanggungjawab, mempunyai visi dan misi yang dapat membangun dan mensejahterakan rakyatnya.

Adapun untuk Pilkades serentak nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 untuk 155 Desa yang ada di Kabupaten Kapuas dan untuk jadwal kampanye Calon Kepala Desa secara terbuka dilaksanakan pada 20 Juli 2022. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru