Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas di Pangkalan Bun Berbagi Daging Kurban dengan Wadah Pelepah Pisang Kurangi Sampah Plastik

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Juli 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pada momen Iduladha 1443 H, kolaborasi 9 komunitas motor di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah menggelar aksi sosial berbagi kurban dengan tema 'KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang'.

Dalam rilisnya, pada Sabtu, 16 Juni 2022, komunitas yang terlibat berasal dari Bold Riders yang terdiri dari SMI Pangkalan Bun, Y2NC, YVCI, dan TARABIKA. Lalu Heppiii Community yang beranggotakan Karang Taruna Bhakti Desa Bumi Harjo, Karang Taruna Putra Rimba Desa Lada Mandala Jaya, Karang Taruna Wira Bhakti Desa Pangkalan Lada, dan Karang Taruna Tunas Inti Desa Pandu Sanjaya. Serta Bonek Kobar Bersatu dari Super Friends.

Kurban berupa tiga ekor kambing yang dibagi menjadi 90 paket daging dibagikan langsung kepada warga sekitar homebase masing-masing komunitas menggunakan wadah ramah lingkungan yang unik, sebagai wujud mendukung upaya pengurangan sampah plastik, berupa besek yang dibuat dari pelepah pisang.

Alex Yoana Rohman selaku koordinator komunitas menjelaskan program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) ini mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan, dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik untuk membungkus paket daging kurban yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pelaksanaan kurban oleh gabungan komunitas motor Bold Riders & Super Friends digelar Minggu 10 Juli 2022 selepas salat Iduladha, sementara kurban oleh gabungan karang taruna Heppiii Community dilaksanakan pada Senin 11 Juli 2022.

Distribusi daging kurban meliputi tiga kecamatan yaitu Pangkalan Lada, Kumai, dan Arut Selatan. Dari titik pemotongan di home base masing-masing, anggota komunitas berjalan kaki membagikan langsung ke rumah warga.

"Teman-teman komunitas bergerak di lingkungan sekitar dulu, baru kita bagikan ke yang lain. Karena kami berfikir yang harus mendapat perhatian lebih dulu tentu warga kurang mampu di sekitar kita," ungkap Alex, dalam rilisnya.

Alex berharap kolaborasi ini mampu memperkuat solidaritas komunitas di Pangkalan Bun. "Komunitas ini kan sedang merintis, semoga dengan aksi KITA Berbagi komunitas yang ada saat ini semakin solid, tiga payung komunitas bisa saling berkolaborasi bergerak bersama tanpa melihat latar belakang," pungkasnya.

Diinformasiman, Program KITA Berbagi 2022 digelar serentak di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 hewan kurban sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Hingga saat ini sebanyak 10.583 paket daging kurban dengan wadah ramah lingkungan telah dibagikan ke masyarakat. Data ini adalah jumlah sementara dan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru