Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Logistik Pilkades Serentak di Kapuas Siap Didistribusikan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Juli 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Logisitik Pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak di Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di 155 desa siap didistribusikan, dari kabupaten menuju ke desa-desa.

Terlihat pada Jumat, 22 Juli 2022, di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas kesiapan logistik yang akan segera didistribusikan terus dimatangkan. Mengingat Pilkades serentak akan dilaksanakan pada 26 Juli 2022.

Logistik yang akan didistribusikan tersebut diantaranya berupa kotak suara (box plastik), surat suara, bilik, kelengkapan pendukung lainnya misalnya paku, dan bantalan coblos, tinta, tisu, serta kelengkapan administrasi berupa formulir-formulir berita acara.

"Persiapan sudah 95 persen, tinggal memasukkan-memasukkan saja. Nah, besok hari Sabtu, dilakukan gelar pasukan oleh Polres Kapuas, setelah itu Polres nanti sudah siap untuk mengawal pergerakan logistik ini dari kabupaten ke desa dan sebaliknya," kata Kepala DPMD Kapuas, Yanmarto kepada wartawan, Jumat sore.

Dijelaskannya nanti logistik akan diberangkatkan dari kabupaten menuju ke 17 kantor kecamatan, sebagai titik kumpul.

"Panitia desa berkumpul di kantor kecamatan masing-masing mengambil, disitu juga dilakukan serah terima dari panitia kabupaten ke panitia desa langsung," jelasnya.

Dalam pendistribusian ini, dijelaskan Yanmarto akan memperhatikan dua hal, yang pertama mendahulukan wilayah atau jarak tempuh yang jauh, terisolir itu diutamakan berangkat seperti Kecamatan Mandau Talawang, dan Kecamatan Pasak Talawang.

"Tetapi yang dekat ada yang harus didahulukan, seperti desa yang beban jumlah pemilihnya besar. Sehingga mereka harus tersedia cukup waktu menghitung dan menandatangani surat suara, seperti Kecamatan Kapuas Timur dan Kecamatan Selat," tuturnya.

Adapun, dalam pergeseran logistik nantinya akan dikawal ketat dan melekat oleh aparat.

"Kami juga sudah menyusun jadwal personel DPMD yang akan mendistribusikan. Dan sudah dirancang untuk kapan itu disitribusikan. Jadi ada yang memang didahulukan. Estimasinya dari besok hingga H-1 pelaksanaan," tandasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru