Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Kuatkan 12 Upaya PHBS

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 Agustus 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan pentingnya 12 upaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Langkah tersebut diperlukan sebagai upaya untuk meminimalisir potensi beban kesehatan yang bisa terjadi pascasembuh dari Covid-19.

Itu juga ebagai dasar untuk membentuk kondisi kesehatan masyarakat jangka panjang, baik dalam situasi dan kondisi pandemi maupun tidak.

“Menerapkan, gaya hidup bersih dan sehat adalah budaya yang tidak mengenal batasan waktu, harus dijalankan dengan konsisten dan sempurna untuk sepenuhnya terjaga," sebut Wiku.

Wiku menuturkan, munculnya beberapa penyakit baru maupun yang sudah ada sebelumnya, patut menjadi refleksi pentingnya membudayakan PHBS dalam berbagai aktivitas.

Seperti diketahui, ke-12 perilaku PHBS tersebut di antarnya, mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan, menghindari bersentuhan.

Kemudian, rutin desinfeksi, tidak keluar rumah saat sakit, mengonsumsi makanan sehat, hindari menyentuh wajah, aktif secara aktif, minum cukup air, menjaga kesehatan mental, dan tidur cukup.

Sedangkan berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Jumat, 12 Agustus 2022, dilaporkan pasien sembuh bertambah 88 orang.

Penambahan sembuh terdiri atas Palangka Raya 35 orang, Kapuas 16 orang, Barito Timur 12 orang, Pulang Pisau sembilan orang, Barito Selatan enam orang, Gunung Mas tiga orang, Barito Utara tiga orang.

Kemudian, Murung Raya dua orang, Sukamara satu orang, dan Seruyan satu orang. Sedangkan, jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru