Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Forkopimda Gelar Renungan Suci di TMP Sanaman Lampang

  • Oleh Hendri
  • 17 Agustus 2022 - 06:40 WIB

BONEONEWS, Palangka Raya - Tepat pukul 00.00 WIB di hari Rabu malam 17 Agustus 2022, seluruh jajaran Forkopimda Kalteng dan Kota Palangka Raya menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang.

Nampak hadir dalam renungan suci memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tersebut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyanto, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya.

Kemudian Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Wakil Wali Kota Hj Umi Mastikah serta seluruh Forkopimda Kalteng maupun Kota Palangka Raya.

Renungan suci berlangsung khidmat melalui prosesi upacara militer. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto.

Kapolda dalam amanat menekankan, pentingnya untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk generasi saat ini.

Termasuk yang telah diperjuangkan oleh 66 pahlawan asal TNI, 2 Kepolisian dan 3 Pejuang Rakyat yang dimakamkan di TMP Sanaman Lampang tersebut. 


"Kami akan mengenang saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian demi harkat serta martabat negara dan bangsa," ujar Kapolda. 

Irjen Pol Nanang Avianto melanjutkan, perjuangan kemerdekaan bangsa tidak hanya sampai di sini saja, tetapi tetap harus dipertahankan untuk menggapai cita-cita pahlawan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar. 

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjualangan kami juga. Kami akan terus berdoa semoga arwah saudara-saudara dapat diterima Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana mestinya," ujarnya. 

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan jika kegiatan renungan suci ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membantu memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 77, semoga mampu dimaknai oleh seluruh masyarakat untuk terus berjuang melawan kemiskinan, ketidaksejahteraan kebodohan hingga mengentaskan kemiskinan," kata Fairid.

Sementara itu Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah berharap dalam peringatan HUT Kemerdekaan ini tak hanya dimaknai sebagai perayaan semata, namun juga sebagai langkah untuk terus berjuang bagi bangsa dan negara, serta diimplementasikan guna menghadapi tantangan saat ini khususnya pada perkembangan teknologi global.

Rangkaian Renungan Suci ditutup dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, oleh seluruh peserta upacara yang tergabung dalam unsur TNI/Polri, Forkopimda Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya serta seluruh perangkat daerah. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru