Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Diimbau Jangan Panik Sikapi Kenaikan Harga Barang

  • Oleh Hendri
  • 08 September 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Palangka Raya diimbau tidak panik, apalagi membeli barang secara berlebihan hanya karena mendengar kabar kenaikan harga barang, dampak dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Jangan panik apalagi belanja berlebihan sampai menumpuk, justru itu menimbulkan inflasi karena barang di pasar jadi kosong," kata Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya, Amandus Frenaldy, Rabu, 7 September 2022.

Dia mengatakan, masyarakat berperan dalam menentukan terjadinya inflasi atau tidak. Jika belanja sesuai kebutuhan saja, maka inflasi tidak terjadi. Namun, jika belanja berlebihan, akan menimbulkan kekosongan stok barang di pasar.

Adapun upaya pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga barang yakni dengan menggelar operasi pasar. Pemerintah menyediakan subsidi untuk pembelian paket sembako.

"Kita siapkan 5 ribu paket untuk 8 kelurahan. Paketnya berisi beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter dan Indomie 4 bungkus. Paket ini dijual dengan harga Rp100 ribu yang sudah disubsidi sebesar Rp40.200," ujarnya.

Melalui kebijakan pasar murah, pihaknya berharap dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya masyarakat ekonomi ke bawah. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru