Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Kobar Tetap Programkan Pembangunan Jalan Puluhan Tahun Tak Tersentuh Aspal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 September 2022 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pembangunan jalan aspal antardesa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) belum sepenuhnya tuntas. Bahkan ada sejumlah desa yang sudah 20 tahun lebih belum tersentuh pembangunan.

Hal ini tentunya menjadi perhatian dari Dinas PUPR Kobar. Bahwa pihaknya telah memprogramkan pembangunan jalan antardesa, yakni di Kecamatan Kotawaringin Lama dan Pangkalan Banteng.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kobar Herto mengatakan, ada sejumlah usulan pembangunan jalan antardesa di sejumlah kecamatan. Dari sekian banyaknya usulan, ada jalan antardesa yang belum tersentuh.

"Memang ada usulan enam desa yang pembangunan jalanyanya sudah puluhan tahun tak tersentuh aspal. Ini sudah kita programkan," kata Herto, belum lama ini.

Namun, untuk pembangunan jalan antardesa ini, disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Mengingat tiap tahun anggaranya selalu berkurang dan ini bakal menjadi salah satu prioritas.

"Sejak dari dulu kendala kami itu anggaran, tapi ini bakal diprioritaskan. Meskipun tahun ini belum terwujud, maka tahun berikutnya kembali diprogramkan kembali," bebernya.

Disebutkan Herto, bahwa untuk di Kobar status jalan yang menjadi kewenangan kabupaten sepanjang 1.222 kilometer. Sedangkan yang tertangani aspal baru 490 kilometer atau 40,15 persen.

"Sehingga ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi dinas. Sedangkan untuk menjaga jalan agar tetap fungsional yakni dengan menjalankan pola konsorsium," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru