Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sengketa Pilkades Dayu Berlanjut, Salah Satu Calon Somasi dan Gugat Panitia Penyelenggara

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Oktober 2022 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sengketa Pilkades Pergantian Antar Waktu atau PAW Desa Dayu Kabupaten Barito Timur periode 2021-2023 masih terus berlanjut.

Pasca calon peraih suara terbanyak divonis penjara selama 7 bulan dalam kasus penggunaan ijazah palsu, kini  peraih suara nomor urut 2 Erwin Nakalelo mensomasi Panitia Pilkades PAW Dayu yang belum juga mengambil keputusan untuk mendiskualifikasi calon nomor urut 1 padahal sudah ada ketetapan hukum dari Pengadilan Negeri Tamiang Layang.

Sebagai peraih suara nomor urut 2, Erwin merasa berhak untuk ditetapkan dan dilantik sebagai Kades Dayu periode 2021-2023.

"Semestinya dalam suatu hukum yang tidak tertulis, dengan didiskualifikasi maka calon yang di bawahnya naik, itu sudah menjadi aturan yang berjalan secara alami  atau hukum yang hidup, tumbuh dan berjalan dalam kehidupan masyarakat," ujarnya, Senin, 10 Oktober 2022.

Erwin menjelaskan, pihaknya telah melayangkan somasi ke panitia penyelenggara Pilkades Dayu hingga pemerintah kabupaten agar menetapkan hasil Pilkades Dayu. Dalam somasi tersebut Erwin memberi tempo hingga hari ini.

Melihat tidak ada tanda-tanda somasinya ditanggapi, Erwin berencana mengajukan gugatan perdata maupun pidana melalui PTUN Palangka Raya dan Pengadilan Negeri Tamiang Layang.

"Dokumen gugatan saya pun telah siap yang nantinya akan saya tindak lanjuti baik secara hukum perdata maupun pidana. Saya pun nantinya akan didampingi perwakilan tim kuasa hukum untuk menindaklanjuti hal tersebut," jelasnya.

Erwin menegaskan bahwa nanti ketika proses gugatan telah bergulir dia tidak akan pernah mencabut kembali. Dia pun meyakinkan berani bertanggung jawab atas perihal tersebut.

Erwin mengaku bahwa dirinya mendapat informasi bahwa tim panitia kabupaten telah menyusun telaah staf untuk diserahkan ke Bupati Barito Timur. Karena itu dia saat ini hasil dari panitia penyelenggara tersebut.

Sementara itu, saat wartawan mencoba meminta tanggapan salah satu anggota Panitia Penyelenggara Pilkades Dayu melalui pesan pendek, yang bersangkutan mengaku baru berencana untuk bertemu ketua BPD untuk menanyakan hasil koordinasi dengan panitia kecamatan dan kabupaten terkait masalah Pilkades Dayu. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru