Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Barito Timur Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Oktober 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bawaslu Kabupaten Barito Timur menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka menghadapi Pemilu Serentak tahun 2024. Sosialisasi yang diikuti oleh anggota dari berbagai organisasi tersebut dilaksanakan di GPU Mantawara Tamiang Layang, Selasa, 11 Oktober 2022.

Materi sosialisasi yang dibagi dalam beberapa sesi tersebut diisi oleh Bawaslu, KPU dan Polres Barito Timur.

"Sosialisasi pengawasan Pemilu partisip aktif hari ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terutama organisasi kemasyarakatan, organisasi PKK dan organisasi kepemudaan agar mereka juga nanti bisa menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu atau lebih spesifiknya ke pengawasan pemilu yang nanti kita akan laksanakan di tahun 2024," ungkap Ketua Bawaslu Barito Timur Feryanto Marthen Panggalaha, saat diwawancarai di sela kegiatan sosialisasi.

Menurutnya, dengan sosialisasi tersebut para peserta agak memahami tugas dan fungsi Bawaslu terkait kepengawasan pemilu yang menjadi fokus perhatian Bawaslu seperti kampanye dan penyusunan daftar pemilih tetap atau DPT.

Selanjutnya setelah peserta memahami tugas dan fungsi Bawaslu maka mereka akan menyampaikan temuan pelanggaran Pemilu kepada Bawaslu.

"Apalagi nanti kami akan membentuk waktu kecamatan dan desa atau kelurahan maka masyarakat dapat menyampaikan laporan secara berjenjang dari tingkat desa," jelas Fery.

Menurutnya, sosialisasi serupa juga akan lanjutkan kepada tokoh-tokoh masyarakat maupun kepada instansi pemerintah terkait netralitas Aparatur Sipil Negara atau ASN. Hal-hal lain yang perlu untuk disampaikan ke masyarakat juga akan disosialisasikan pada saatnya nanti.

"Sesuai dengan tagline Bawaslu 'Bersama Mengawasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu', harapan kami berbagai elemen masyarakat berperan aktif dalam kepengawasan pemilu dengan melaporkan ke Bawaslu bila menemukan indikasi pelanggaran pemilu. Intinya kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024," tandasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru