Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Tanggapi Kasus Gagal Ginjal Akut yang Menyerang Anak di 22 Provinsi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Oktober 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kasus gagal ginjal akut yang telah menyerang anak-anak di 22 provinsi menjadi perhatian berbagai pihak termasuk Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

Karena itu, meski di Provinsi Kalimantan Tengah kasus tersebut masih nihil namun Ampera tetap menyampaikan pesan pencegahan kepada masyarakat, apotik atau penjual maupun instansi terkait.

"Nanti kita akan tindaklanjuti dengan surat edaran, untuk sementara kita memberikan imbauan untuk penyetopan penjualan obat sirup atau pemberian obat sirup kepada anak," ujarnya, Minggu, 23 Oktober 2023.

Bupati juga mengingatkan orang tua agar memperhatikan bukan saja obat, namun juga makanan atau jajanan yang dikonsumsi anak-anak yang mengandung berbagai bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

"Ini juga harus diperhatikan bukan cuma obat karena saya menduga anak-anak yang terkena sakit ginjal akut ini sudah mengalami sakit yang cukup lama," imbuhnya.

Kepada yang dewasa juga Ampera tetap berpesan agar mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Bagaimanapun, lanjut dia, ginjal orang dewasa juga tetap memiliki daya tahan yang terbatas.

"Ketika terus-terusan mengkonsumsi makanan atau minuman yang membahayakan ginjal maka akan mengalami sakit ginjal juga," jelasnya.

Hingga tanggal 22 Oktober 2022, Kementerian Kesehatan mencatat terdapat sebanyak 133 jiwa meninggal dunia dari 241 pasien gagal ginjal akut yang dirawat di 22 provinsi. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru