Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akses Pendidikan di Wilayah Pelosok Kalteng Perlu Perhatian Pemda

  • Oleh Donny Damara
  • 15 November 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing menyebut akses pendidikan di wilayah pelosok Kalteng banyak yang perlu mendapatkan perhatian dari pemda di provinsi ini.

Menurut Duwel, apabila hal tersebut tidak mendapat perhatian maka akan menyulitkan proses belajar mengajar anak-anak di pelosok dan juga dapat membuat sarana pendidikan menjadi terisolir sebab tidap dapat dijangkau.

"Banyak usulan terkait akses pendidikan yang disampaikan masyarakat. Tidak adanya akses yang memadai, terutama akses darat akan membuat beberapa sekolah menjadi terisolir, ini tentu menyulitkan bagi masyarakat, terutama bagi para guru dan murid," ujarnya, Selasa, 15 November 2022.

Akses yang sulit ini perlu menjadi perhatian seirius pemda. Karena kondisi demikian dapat menimbulkan dampak negatif bagi sektor pendidikan di Kalteng. Pasalnya, minimnya akses dan fasilitas bisa saja menjadi salah satu faktor tingginya angka perpindahan guru yang mengajar di daerah terpencil.

"Kalau akses darat sulit, alternatifnya yaitu jalur air atau sungai. Disini pun para guru harus mengeluarkan biaya lebih untuk bisa mengajar. Nah, jika tidak diperhatikan, wajar saja jika guru tidak ingin berlama-lama mengajar di daerah, apalagi banyak dari guru di Kalteng mengeluhkan pendapatan yang relatif kecil," tuturnya.

Duwel berharap, pemerintah dapat lebih jeli dalam melakukan pembangunan infrastruktur. Di mana pembangunan tersebut harus dapat difokuskan untuk memudahkan akses masyarakat, tidak hanya pada sektor pendidikan tapi juga kesehatan.

"Pembangunan infrastruktur memang memakan waktu. Paling tidak, ada solusi jangka pendek, seperti perahu bermesin yang dikhususkan bagi para guru juga murid. Dengan begitu, pendidikan dapat berjalan dengan baik dan lancar," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru