Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup

  • Oleh Jurnalis Warga
  • 23 Desember 2022 - 14:10 WIB

MENJAGA lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita bersama sebagai umat manusia .Alam adalah  tempat kita berpijak dan tempat hidup bagi manusia dan floura dan fauna yang ada di dalamnya. Belum lagi masih banyak Sumber daya alam yang harus benar benar bisa kita jaga dan kita lestarikan bersama sama dalam melangsungkan kehidupan bagi kita dan anak cucu kita kelak.
 
Kepedulian terhadap keadaan lingkungan juga sebagai cerminan kita benar benar memperhatikan lingkungan yang akan kita wariskan kepada generasi yang akan datang. 

Ironinya, sebagian dari kita justru rakus terhadap alam. mengmbilnya sesuka hati, mengekploitasi tampa berfikir dampak negatifnya dan lebih eroninya lagi mereka melakukan itu demi keuntungan pribadi mereka sendiri dan merusak ekosistem yang ada di bumi ini ,blm lagi banyak nya masyarakat yang kehilangan pekerjaan alami meraka seperti ada saja manusia di dunia ini yang masih hidup dengan bergantung kepada alam sebagai tempat mereka tinggal dan hidup bersama masyarakat nya . secata tidak langsung jika seseorang yang merusak ekosistem terhadap hutan ini akan menyengsarakan bagi mereka yang hidup di dalamnya.

Contoh saja banyak suku yang msih tinggal di dalam hutan dan berkebutuhan dengan bergantung kepada hutan seperti misalnya suku badui dalam yang ada di Indonesia dan banyak lagi suku yang blm terexplor keberadaannya.

Lantas siapa yang harus di salahkan atas terjadinya bencana kerusakan alam tersebut Tentu kita tidak dapat asal menuduh dan mencari kambing hitam dari akibat buruk yang terjadi. Yang mesti menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana kita menangkal oknum-oknum yang serakah tersebut  serta bagaimana menjaga kelestarian alam yang sedang kita tinggali sekarang.


Pun demikian dengan pemerintah yang yang mewakiliwewenang serta kekuasaan untuk mengatur regulasi dan kebijakan agar tindakan tindakan pengrusakan alam tersebut tidak terjadi lagi .memang kita sebagai masysarakat tidak bisa berbuat apa apa tampa adanya bantuan dari pemerintah yang mendukung tentang kelestarian lingkungan .

Di dalam islam juga di jelaskan bahwasan nya tujuan Allah SWT menciptakan manusia (khalifah) adalah untuk menjaga kelestarian dan ekosistem bumi  dan menjaga keutuhan yang ada di dalmnya.

Seperti yang telah dijelaskan dalam Q.S Adz Dzariyat : 56 Alah berfirman dia menciptakan manusia dan jin jin adalah agar sentiasa berubadah kepadanya, Allah mencipkan manusa bukan hanya untuk sekedar tidur, bekerja, makam, maupun minum melainkan untuk melengkapi bumi dan berubadah kepadanya .Dalam firan Alah di atas bisa kita simpulkan bahwa manusia adalah mahluk yang harus menjaga dan beribadah kepadanya,dan bagaimanapun juga kita sebagai manusia harus taat atas perintah yang telah di berikan kepada ita sebagai umat uslim dan manusia lainnya.

Maka dari itu kita harus bisa menjaga apa yang harus kita jaga apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita lakukan dalam beribadah dan menjaga kelangsungan atau kelestarian alam semesta.

Jadi berusahalah semaksimal mungkin untuk melakukan hal kecil saja dalam menjaga lingkungan seperti stop buang sampah sembarangan stop melakukan perburuan liar di hutan dan dukunglah upaya pemerintah jikaada gerakan pelestarian lingkungan seperti menanam bibit pohon di perbukitan yangtelah gundul dan masih banyak lagi contoh kecil lainnya.
 
Marilah bersama sama menjaga ekosistem alam dan kelestarian lingkungan karana jika bukan kita yang membiasan diri siapa lagi yang akan membasi masalah ini.semoga kita menjadi manusia manusia yang amanah dalam menjaga kelestarian alam. Jangan menjadi manisa yang hanya tau tentang hidup seperti yang di jelaskan di dalam firman Allah tadi.

Penulis:  Nasrullah/Mahasis Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Palangka Raya 

Berita Terbaru