Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angin Tak Menentu, Nelayan Enggan Melaut

  • 18 Februari 2016 - 22:25 WIB

Para nelayan Kabupaten Kotawaringin Barat enggan melaut lantaran tidak menentunya arah angin. Berdasarkan penuturan sejumlah nelayan yang mangkal di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kumai, seharusnya angin berhembus dari barat, sementara yang terjadi saat ini angin berhembus dari tenggara.

 'Mereka termasuk saya enggan melaut karena sedang musim pancaroba. Arah angin yang kencang datangnya tidak menentu. Nah, sekarang kita merasakan arah angin datangnya dari tenggara harusnya dari barat,' ungkap Krisnadi, seorang nelayan di dermaga TPI Kumai, Kamis (18/2/2016).

Karena arah angin tak kunjung bisa diprediksi, para nelayan ini menghabiskan waktu dengan mencuci perahu, menjemur jaring hingga memperbaiki mesin kapal di dermaga TPI.

Menurut Krisnadi, pada musim pancaroba seperti saat ini, gelombang laut memang tidak tinggi. Hanya saja, tiupan angin kencang dengan arah yang tidak menentu membuat kotoran menjadi berkumpul. Hal ini, sambung Krisnadi, bisa membuat jaring-jaring nelayan bisa rusak jika tersangkut kotoran.

'Kotoran-kotoran laut itu berupa lumut dan limbah minyak bercampur sampah. Kotoran itu sulit untuk dibersihkan karena jaring nelayan terbuat dari net. Kalau yang terbuat dari nilon mudah membersihkannya.' (B-12)

Berita Terbaru