Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kemampuan Intelejen, ASN Kesbangpol Kobar Akan Ikuti Pelatihan di Bandung

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Januari 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bidang intelejen dan mengantisipasi berbagai hal yang berpotensi menimbulkan kerawanan dalam setiap tahapan Pemilu serentak 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berencana memberikan pengetahuan pada ASN dalam hal deteksi dini dan intelijen.

Kepala Kesbangpol Kobar, Edie Faganti pada Kamis, 5 Januari 2023 mengatakan, salah satu program kegiatan Badan Kesbangpol pada tahun 2023 yaitu Peningkatan Kapasitas Aparatur Pusat dan Daerah di Bidang Intelijen dan Kewaspadaan Dini.

"Kegiatan ini nantinya diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Intelijen Kepolisian Republik Indonesia," jelas Edie Faganti.

Edie Faganti menjelaskan, hal ini bertujuan untuk mengawal kelancaran setiap tahapan proses pemilu dan pilkada serentak tahun 2024. Karena itulah, dibutuhkan kecakapan aparat untuk mengamati dan mengantisipasi berbagai macam aktivitas yang bisa menggangu. 

“Pelatihan ini diperlukan untuk meningkatkan kemampuan ASN dalam upaya deteksi dini dan cegah dini, perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) dasar intelijen di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat pada bulan Februari-Maret,” jelas Edie Faganti.

Edie Faganti melanjutkan, kegiatan ini merupakan entry-point untuk membangun intelijen pemerintah daerah yang handal serta mampu mengakselerasi tugas sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah.

“Kepada ASN yang ditugaskan agar mengikuti proses kegiatan ini dengan tekun dan serius sebagai bagian dari kewajiban dan tanggung jawab. Memberdayakan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun potensi diri sendiri sehingga handal serta mampu mengakselerasi tugas sebagai penyelenggara pemerintahan,” jelas Edie Faganti.

Edie Faganti menambahkan, kedepan, pihaknya menginginkan untuk pendidikan dasar intelijen harus dimiliki oleh ASN di semua bidang yang ada di Kesbangpol Kobar.

"Di antaranya adalah Bidang Penanganan Konflik, Bidang Wawasan Kebangsaan, Bidang Politik dalam Negeri dan Bidang Ketahahan Ekonomi. Sebab dalam tugas dan fungsinya, Badan Kesbangpol Kobar merupakan sebagai mata dan telinganya Bupati untuk memberikan rekomendasi berkaitan dengan isu strategis di wilayah Kabupaten Kobar," tuturnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru