Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Ketahanan Pangan Harus Diperkuat untuk Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Januari 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Purman Jaya mengatakan sektor ketahanan pangan baik pertanian, peternakan, perikanan dan lain-lain harus dapat diperkuat untuk menghadapi ancaman resesi ekonomi yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2023 ini.

Ia menyebut, situasi pandemi Covid-19 sudah mampu dilalui bersama dan hal itu harus bisa menjadi pembelajaran dalam rangka menghadapi berbagai gejolak yang akan datang. Sebab, pandemi menjadi salah satu yang menggoncang perekonomian.

"Jadi itu bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemda khususnya Kalteng. Pemda harus bisa fokus menghadapi tantangan selanjutnya termasuk isu resesi ekonomi. Sektor pangan kita sebisa mungkin diperkuat," ujarnya, Rabu, 11 Januari 2023.

Dirinya menilai, meski ancaman resesi cukup mengkhawatirkan, namun kondisi itu tidak terlalu akan bepengaruh banyak di wilayah Kalteng. Pasalnya, baik pemerintah pusat maupun daerah saat ini telah mengembangkan sejumlah program strategis di bidang pangan seperti food estate.

Namun terlepas dari itu, fokus dan perhatian pemerintah tetap dibutuhkan, mengingat pengembangan sektor pangan juga memiliki berbagai kendala yang harus diantisipasi, mulai dari ancaman hama, bencana alam, ketersediaan pupuk, dan lain sebagainya yang dapat menurunkan tingkat produksi.

"Kondisi resesi global ini nantinya akan menuntut semua pihak untuk melakukan kesiapsiagaan, dengan cara peningkatan berbagai kegiatan ekonomi melalui sektor perikanan, pertanian maupun perkebunan. Dengan upaya itu, diharapkan bisa meminimalisir dampaknya, sehingga kehidupan masyarakat Kalteng, atau Indonesia pada umumnya bisa berjalan baik," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru