Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Palangka Raya Bagikan 1.000 Bakul Pengganti Kantong Plastik

  • Oleh Hendri
  • 22 Februari 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya membagikan 1.000 bakul sebagai pengganti kantong plastik. Aksi ini diberi nama Gerakan Batik (Bakul Cantik Tanpa Plastik).

"Gerakan Batik itu sasarannya adalah warga yang sedang belanja di pasar tradisional. Beberapa hari yang lalu kami lakukan di Pasar Kahayan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Achmad Zaini, Rabu, 22 Februari 2023.

Ia berpesan kepada warga yang sudah mendapatkan bakul tersebut dapat membawanya setiap kali belanja, agar tidak lagi menggunakan kantong plastik ketika membawa barang belanjaan.

"Hal ini dilakukan untuk mengurangi tumpukan sampah plastik yang dapat merusak lingkungan karena sifatnya yang sulit terurai bahkan bisa sampai ratusan tahun," ujarnya.

Selain itu, kandungan senyawa kimia di kresek atau kantong plastik dinilai membahayakan, karena zat timbal dan karsinogen yang terkandung di kresek, bisa memicu penyakit kanker bagi manusia.

Upaya sosialisasi fokus ke pedagang pasar dan toko sudah dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik atau kresek agar penjual mengganti plastik dengan kantong daur ulang yang ramah lingkungan.

"Termasuk juga kami menyarankan pembeli membawa kantong kain atau kantong ramah lingkungan saat berbelanja ke pasar atau toko. Khusus untuk minimarket dan supermarket, sudah diberlakukan kantong belanja tanpa plastik," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru