Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dorong Peningkatan SDM Siap Kerja

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Februari 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mendorong pemda agar dapat terus meningkatkan penyiapan sumber daya manusia (SDM) siap kerja di wilayah Kalteng. Sehingga, SDM lokal memiliki kemapuan yang memadai untuk bersaing di dunia kerja yang semakin kompleks.

Peningkatan SDM siap kerja perlu dilakukan sejak sekolah menengah maupun perguruan tinggi, yang dilanjutkan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) di masing-masing daerah. Dengan upaya tersebut, dukungan terhadap SDM siap kerja yang berkualitas dan kompeten bisa diotimalkan.

"Peningkatan SDM siap kerja ini menjadi salah satu alternatif bagi pemerintah untuk menanggulangi pengangguran yang ada di Kalteng. Dengan kecakapan dan komptensinya yang semakin baik, maka semakin besar peluangnya untuk bisa mendapat pekerjaan," ucapnya, Jumat, 24 Februari 2023.

Farida berharap, agar kedepannya baik satuan pendidikan maupun balai pelatihan dapat mengajarkan pengetahuan kepada siswa atau masyarakat terkait keahlian atau kompetensi yang dibutuhkan baik secara teori maupun praktik.

"Tentu dukungan dari pemda terutama dalam memberikan bantuan berupa fasilitas maupun sarana dan prasarana pendukung, baik untuk sekolah maupun balai pelatihan yang ada, juga diperlukan agar, langkah ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal sesuai harapan," tuturnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng Farid Wajdi mengatakan dalam rangka meningkatkan keterampilan kerja masyarakat, pihaknya telah memperbanyak paket pelatihan kerja di tahun 2023. Dimana ragam pelatihan keterampilan kerja tersebut, akan diselenggarakan melalui UPT Balai Pelatihan Kerja (BPK) Kalteng.

Ada 15 paket pelatihan yang diberikan, dimana paket pelatihan keterampilan kerjanya terdiri dari kejuruan instalasi penerangan, komputer angkatan pertama, komputer angkatan kedua, menjahit, tata rias, processing atau pengolahan, serta alat berat dua paket. Setiap paket pelatihan keterampilan kerja dialokasikan untuk 10 orang

"Tahun 2023 ada 15 paket pelatihan dengan total dari dari sasaran keseluruhan kegiatan pelatihan keterampilan ini ada sebanyak 150 orang angkatan kerja dan masyarakat umum. Melalui pelatihan keterampilan kerja ini, kami harap dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan masyarakat Kalteng agar semakin memadai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melamar kerja maupun membuka usaha secara mandiri," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru