Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peremajaan Sawit Rakyat Harus Dilakukan untuk Pertahankan Produktivitas Sawit Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Februari 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi XI DPR-RI Muhammad Misbakhun mengatakan, pungutan ekspor sawit yang dilakukan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS bertujuan untuk peremajaan sawit rakyat atau PSR yang memang harus dilakukan guna mempertahankan produktivitas sawit Indonesia.

"Untuk program peremajaan sawit rakyat atau PSR ini memang harus dilakukan kepada sawit berumur di atas 25 tahun atau yang kurang produktif. Ini dapat dan memang harus dilakukan peremajaan," kata Misbakhun dalam rilisnya kepada Borneonews pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Menurut Misbakhun, hal ini juga disampaikannya dalam kegiatan Sosialisasi Sawit Baik 2023 bertemakan Pentingnya Peranan BPDPKS Untuk Kesejahteraan Petani pada 20 Februari lalu di Sebatik, Provinsi Kalimantan Timur.

"Ada 37,4 ribu ha perkebunan sawit di Kalimantan Utara, di antaranya adalah sawit rakyat," bebernya.

Jika program BPDPKS di Wilayah perbatasan hadir seperti di Sebatik, Kalimantan Timur, lanjutnya, maka salah satu dampaknya ialah bisa mempertahankan kedaulatan NKRI karena pemerintah hadir untuk memajukan daerah terluar dari NKRI.

"Jika ekonomi atau kesejahteraan rakyatnya terangkat maka tidak ada yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI di perbatasan karena semangat kebangsaan rakyat perbatasan meningkat karena merasa diperhatikan oleh pemerintah," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru