Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua komisi III DPRD Kalteng Imbau Seluruh Pihak Lindungi Anak Dari Kekerasan Seksual

  • Oleh Pathur Rahman
  • 06 Maret 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua komisi III DPRD Provinsi Kalteng Hj Siti Nafsiah mengimbau seluruh stakeholder dan masyarakat agar lindungi anak dari aksi kekerasan seksual.

Khususnya, bagi pemrintah kota maupun kabupaten di Kalteng agar menjamin perlindungan anak dari praktik-praktik kekerasan seksual yang marak terjadi, yang tentunya harus di cegah.

“Kami mendorong Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan perlindungan bagi anak melalui kebijakan dan peraturan yang bisa diterapkan di Provinsi Kalteng," ungkapnya, Senin, 6 Maret 2023.

Lebih lanjut Srikandi asal partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan, selama ini anak-anak banyak menghadapi tantangan yang tidak mudah. Mulai dari masalah kesehatan, psikososial, hingga edukasi.

Bahkan kekerasan seksual juga tak luput, kekerasan seksual pada anak kerap dilakukan oleh orang terdekat di sekitar lingkungan anak itu sendiri. Untuk itu, ia meminta agar pengawasan dari orang tua terhadap anak harus ditingkatkan. 

Kebersamaan dalam lingkungan keluarga harnonis harus dilakukan, agar anak dan orang tua atau kerabat merasa dekat sebagai keluarga. Juga pendidikan seksual paling dasar harus diberikan kepada anak.

"Contohnya jangan mau disentuh, atau dipegang oleh orang lain. Juga tentang anatomi tubuh dan lain sebagainya. Edukasi terhadap anak bisa diberikan sambil bermain ataupun santai, agar anak tidak merasa terbebani," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru