Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ingin Shalat Gerhana Silakan Datang ke Masjid Ini

  • 07 Maret 2016 - 12:31 WIB

Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal tempat terjadinya fenomena langka yaitu gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3/2016). Karena itulah umat Islam di Kobar bakal menggelar salat gerhana guna memuji kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kobar Masrani Arsyad melalui Kepala Seksi Bimas Islam Nurhasan Samin, Senin (7/3/2016), menjelaskan ada dua masjid di Pangkalan Bun yang bakal menyelenggarakan shalat gerhana. 

"Dua masjid tersebut adalah Masjid Agung Riyadlush Shalihin di Jalan Sutan Syahrir dan Masjid Besar Sirajul Muhtadin di Jalan Pangeran Antasari Kelurahan Baru," jelasnya.

Masih dari informasi yang diterima pihaknya, Nurhasan menjelaskan, kegiatan salat gerhana rencananya bakal berlangsung sekitar pukul 06.30 WIB.

"Pelaksanaan salat ini bisa dikerjakan sebelum atau saat fase puncak GMT. Sebelum digelarnya salat gerhana juga bakal digelar tausiyah untuk semakin mempertebal keimanan kepada Allah," jelas Nurhasan,

Meski hingga saat diwawancarai hanya ada dua masjid yang sudah mengkonfirmasikan akan menggelar salat gerhana, namun ia memperkirakan banyak masjid yang juga melakukan kegiatan ibadah yang sama. 

"Diharapkan bila ada masjid yang bakal menggelar salat sunnah tersebut, bisa mengumumkan kepada masyarakat sehari sebelumnya. Tujuannya agar masyarakat yang berniat melaksanakan salat gerhana bisa menuju lokasi terdekat dari tempat tinggalnya," jelasnya. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru