Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Tewah Pupuh Turut Menolak Angkutan Batubara Melintasi Jalan Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Maret 2023 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Penolakan terhadap angkutan batubara yang melintas di permukiman penduduk di Kabupaten Barito Timur masih terus berlanjut. Kali ini Pemerintah Desa Tewah Pupuh dan warganya ikut menolak angkutan batubara melintas di sana.

"Warga menolak karena memimbulkan kebisingan  malam hari dan rawan kecelakaan," tegas Kepala Desa Tewah Pupuh Ardianto menyampaikan pernyataan sikap mewakili warganya,, Rabu, 15 Maret 2023.

Selain itu dia juga beralasan, puluhan truk PS yang melintas menimbulkan kerusakan jalan karena tonase melebihi kapasitas jalan yang berstatus jalan provinsi dan bukan jalan nasional.

"Debu dari batubara juga sangat berbahaya bagi warga bila melintasi pemukiman penduduk," tambah Ardianto.

Selain menyampaikan pernyataan penolakan, Pemdes Tewah Pupuh juga akan berkoordinasi dengan beberapa desa lain yang dilintasi angkutan batubara seperti Desa Bentot, Ramania, Pulau Padang, Bamban dan Desa Kandris untuk mengambil sikap yang sama.

Bahkan koordinasi dimaksud akan ditindaklanjuti dengan menyurati dinas terkait maupun ke pemerintah provinsi hingga pusat.

"Kami juga berencana membuat jadwal jaga malam dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memantau truk yang mengangkut batubara," pungkasnya. (BOLE MALO/R)

Berita Terbaru