Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Daerah Ini Sudah Capai Tahap Digitalisasi Ekonomi di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Maret 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh mengatakan bahwa dari sisi digitalisasi ekonomi di 14 kabupaten dan kota di Kalteng, terdapat 4 pemerintah kabupaten dan kota yang telah mencapai tahap digital.

"Ada empat daerah yang sudah mencapai tahap digital sesuai data Tim Percepatan bersama Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kota Palangka Raya," kata Taufik Saleh, Jumat, 17 Maret 2023.

Menurut Taufik, hal ini juga disampaikannya kemarin Rabu, 15 Maret 2023 dalam kegiatan High Level Meeting atau HLM di Ruang Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah. Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID bersama Tim Percepatan bersama Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD Provinsi Kalimantan Tengah kemarin menurut Taufik telah melaksanakan High Level Meeting atau HLM dalam rangka koordinasi dan sinergi terkait perkembangan inflasi dan digitalisasi menjelang HBKN Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

"Sedangkan untuk pemkab lainnya berada di tahapan maju, jadi belum di tahap digital," tutur Taufik lagi.

Evaluasi yang dapat diberikan kepada TP2DD dan Pemda se-Kalimantan Tengah menurut Taufik adalah bank daerah belum memiliki kanal digitalisasi yang lengkap, salah satunya QRIS.

"Perlunya penguatan koordinasi dengan Penyedia Jasa Pembayaran atau PJP Bank dan Non Bank, serta optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah melalui kanal non tunai menjadi evaluasi bagi semua," tuturnya.

Selain itu infrastruktur daerah yang belum optimal dan pelaksanaan TP2DD belum teradministrasikan dengan baik juga menurut Taufik menjadi evaluasi bersama.

"Peningkatan digitalisasi tidak hanya mampu mendorong peningkatan pendapatan daerah namun juga mendukung upaya stabilisasi harga," bebernya. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru