Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Kunjungan Perwakilan Kementan RI ke Barsel

  • Oleh Uriutu
  • 29 Maret 2023 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dir Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian atau Kementan RI mengunjungi Kabupaten Barito Selatan, Rabu, 29 Maret 2023.

“Kunjungan saya ke Barsel ini berdasarkan perintah Menteri Pertanian dan saya ditunjuk sebagai penanggung jawab pengawalan dan monitoring ketersedian pangan pokok di Provinsi Kalteng,” kata Direktur Perbenihan Hortikultura Mentan RI Dr Inti Pertiwi Nashwari.

Ia mengatakan, kemarin pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi di Provinsi Kalteng terkait  ketersedian pangan pokok yang dinyatakan aman.

“Kunjungan ke Barsel ini ada agenda khusus yakni panen cabai dari bantuan yang kami berikan sekitar akhir tahun lalu,” jelas dia.

Ini menunjukan bagi pimpinan dalam hal ini Mentan bahwa benih cabai yang diberikan ini ditanam di Barsel. Namun, lanjut dia, untuk kabupaten lain masih belum ada yang panen.

“Hanya Kabupaten Barito Selatan yang panen kurang lebih empat bulan usai ditanami. Jadi kita menyimpulkan pada saat diterima dan langsung ditanam untuk di Barsel,” beber dia.

Ia menyampaikan budidaya dan pengawalan hama penyakitnya juga sangat baik dan hasilnya juga sangat baik serta daya saing harga pasar juga baik.

Menurutnya, tujuan dari kunjungan ini untuk memastikan ketersedian pangan. Pihaknya pun bersama Pj Bupati Barsel dan forkopimda mengunjungi Plaza Beringin Buntok dan Bulog.

“Berdasarkan wawancara saya dengan para pedagang besar khususnya 12 komoditas bahan pangan menyatakan meskipun ada kenaikan harga, tetapi masih dalam batas wajar dan juga daya beli masyarakat tidak ada penurunan,” ucap dia.

Kenaikan harga bahan pangan ini, sambung dia, bukan suatu hal aneh karena permintaan meningkat di setiap momen Bulan Puasa.

Berita Terbaru