Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Lamandau Pantau Penjualan Kembang Api dan Petasan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 April 2023 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Guna menjaga kondusifitas kamtibmas di Bulan Ramadan 1444 Hijriyah dan menjelang lebaran Idul Fitri 2023, Polres Lamandau secara rutin melakukan pemantauan penjualan kembang api dan petasan di sepanjang Jalan Batu Betanggui, Nanga Bulik.

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono mengatakan, pemantauan penjualan kembang api dan petasan itu sebagai upaya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat penggunaan petasan yang dapat menimbulkan kerugian baik materiil maupun kerugian jiwa.

“Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi penjualan kembang api maupun petasan berdaya ledak tinggi yang tidak sesuai standar atau menimbulkan ledakan yang berbahaya,” kata Bronto saat dikonfirmasi pada Rabu, 12 April 2023.

Tak hanya itu, aparat yang melaksanakan pemantauan juga mengimbau kepada para pedagang kembang api dan petasan untuk tidak menjual petasan ilegal terutama yang memiliki hulu ledak tinggi.

Serta, barang tersebut diminta untuk tidak diperjualbelikan kepada anak di bawah umur, karena dikhawatirkan membahayakan dan berakibat fatal untuk anak tersebut.

“Kami imbau kepada penjual agar tidak sembarangan menjual petasan maupun kembang apinya. Tetap harus didampingi oleh orangtua jika ada yang membeli,” pintanya.

Dengan Rutin dilakukan sambang dan imbauan kepada para pedagang kembang api dan petasan, selama bulan Ramadan diharapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan rasa aman, nyaman dan Khusuk serta dapat tercipta situasi yang kondusif. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru