Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Perketat Pengawasan Objek Wisata Pada Libur Lebaran

  • Oleh ANTARA
  • 24 April 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah memperketat pengawasan terhadap objek wisata di wilayah setempat pada saat pelaksanaan libur dan cuti bersama pada momen Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Seiring momen cuti Idul Fitri tahun ini, akan memperketat pengawasan berbagai objek wisata yang ada," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Iin Hendrayati Idris di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, pengetatan pengawasan itu guna memastikan para pengunjung objek wisata beserta pengelola merasa nyaman menikmati keindahan alam di berbagai kawasan wisata yang ada.

"Apalagi tahun ini mudik diizinkan, objek wisata juga dibuka. Sehingga kami perkirakan akan banyak masyarakat berwisata. Maka pengetatan pengawasan harus dilakukan," kata wanita berhijb itu.

Diantara pengetatan pengawasan itu terkait ketertiban penggunaan fasilitas umum di kawasan wisata oleh pengunjung dan juga ketertiban mematuhi berbagai aturan baik pengunjung dan pedagang di kawasan setempat.

"Tujuannya agar berbagai fasilitas yang tersedia terjaga dengan baik sehingga menambah kenyamanan bagi seluruh wisatawan yang ada," katanya.

Pihaknya pun meminta para pengelola wisata dapat menyediakan sarana cuci tangan dilengkapi sabun atau hand sanitizer guna mendukung penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kawasan wisata.

"Selain itu juga menyediakan tempat pembuangan sampah serta melakukan pengawasan guna memastikan kawasan wisata tetap bersih dan asri," katanya.

Di antara kawasan Objek Wisata yang ada di Kota Palangka Raya seperti wisata Taman Pasuk Kameloh dengan pemandangan Sungai Kahayan, Objek Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Kawasan Taman Alam Bukit Tangkiling dan sebagainya.

Diperkirakan puncak kepadatan pengunjung objek wisata dimulai pada hari ketiga Lebaran hingga berakhirnya masa cuti Idul Fitri.

ANTARA

Berita Terbaru