Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menhub Minta Manajemen ASDP Siap Hadapi Lonjakan Arus Balik ke Dua

  • Oleh ANTARA
  • 29 April 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Lampung Selatan - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta manajemen PT ASDP Indonesia Ferry  untuk bersiap  menghadapi  lonjakan penumpang  gelombang kedua arus balik pada 30 April dan 1 Mei 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

"Ada masyarakat yang mudiknya masih lama dan baru akan pulang akhir pekan ini. Untuk itu, kita harus siap melayani dengan baik dan saya minta Dirut ASDP Indonesia Ferry untuk menjaga ini," kata  Budi  saat ditemui di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat.

Menurut Budi, Pelabuhan Bakauheni mampu menampung 39.000 kendaraan termasuk 33 kapal feri yang siap  membawa penumpang berikut kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Jika Pelabuhan Bakauheni sudah padat, maka seluruh kendaraan akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang. Pihaknya juga telah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan pelabuhan.

Dengan upaya tersebut, dia berharap pelayanan penumpang bisa berjalan maksimal saat gelombang ke dua arus balik.

"Mudah-mudahan tidak terjadi suatu lonjakan yang besar. Kalaupun itu terjadi kita sudah siap mengantisipasi,” jelas dia.

Sebelumnya, Direktorat Jendral Perhubungan Darat merilis data kendaraan dari pulau Jawa ke Sumatra.

Berdasarkan data H-10 sampai hari H lebaran, tercatat ada 920.054 orang dan kendaraan 213.737 unit yang menyeberang ke Pulau Sumatra.

Sementara itu kendaraan yang telah menyeberang dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa pada arus balik mulai H+2 sampai H+4 sebanyak 463.847 orang dan kendaraan 104.046 unit.

ANTARA

Berita Terbaru