Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perez Menangi Balap Sprint GP Azerbaijan

  • Oleh ANTARA
  • 30 April 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sergio Perez memenangi balap sprint Grand Prix Azerbaijan pada Sabtu demi menjaga awal musim yang sempurna bagi Red Bull.

Sedangkan pebalap Ferrari Charles Leclerc gagal mengonversi pole position menjadi kemenangan setelah disalip oleh sang pebalap Meksiko pada balapan sepanjang 17 putaran itu.

Sang pebalap Monako pun harus puas finis runner-up, diikuti pebalap Red Bull Max Verstappen di tempat ketiga untuk menjaga posisinya di puncak klasemen jelang balapan utama pada hari berikutnya.

Menyusul hasil sprint hari ini, Leclerc memiliki kesempatan kedua untuk meraup poin maksimal saat start dari pole untuk GP Azerbaijan pada Minggu (30/4), meskipun duet Red Bull diprediksi tetap dominan pada balapan seri keempat musim ini.

Perez memenangi sprint pertama dari enam balapan yang dijadwalkan pada 2023 setelah sebelumnya memenangi GP Arab Saudi. Sedangkan Verstappen merebut kemenangan balapan pembuka di Bahrain dan kemudian di Melbourne.

Verstappen mengantongi 75 poin di puncak klasemen, mengungguli Perez dengan margin 13 poin.


Sedangkan tujuh poin yang direbut Leclerc hari ini membawanya ke peringkat delapan dengan koleksi 13 poin saja menyusul sejumlah nasib buruk di tiga balapan pertama.

Verstappen sempat mengeluh mobilnya mengalami kerusakan karena bersenggolan dengan pebalap Mercedes George Russell.

Saat balap sprint, safety car sempat keluar pada lap keenam setelah mobil AlphaTauri Yuki Tsunoda menabrak pagar pembatas dan roda belakangnya terlepas hingga menggelinding ke tengah lintasan.

Pada 10 lap terakhir, Perez mampu menyalip Leclerc karena mobil Red Bull lebih unggul pada lintasan lurus yang membuatnya dengan mudah meninggalkan sang pebalap Ferrari.

"Kami dapat belajar sedikit (soal Grand Prix nanti), tapi tentunya besok akan membawa lebih banyak bahan bakar dan kondisi trek akan berbeda," kata Perez dikutip laman resmi F1.

"Saya rasa ada pembelajaran bagus hari ini. (Start) P3 tidak ideal untuk balapan besok, tapi saya akan berusaha dan bertarung untuk menang."

Russell mengamankan P4 untuk Mercedes saat Carlos Sainz (Ferrari) dan Fernando Alonso (Aston Martin) menyalip Lewis Hamilton yang harus puas finis P7 dengan mobil Mercedes kedua. Lance Stroll membawa pulang satu poin terakhir untuk Aston Martin di P8.

Rookie tim Williams Logan Sargeant tak ambil bagian pada balapan setelah mengalami kecelakaan parah saat kualifikasi sehingga para mekanik tak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki mobil tersebut untuk sprint.

Hasil balapan sepanjang 100km di Baku kali ini tidak menentukan posisi start untuk GP Azerbaijan menyusul format baru yang diterapkan.

Para pebalap telah menyelesaikan kualifikasi pada Jumat (28/4) dan Leclerc akan start dari pole untuk ketiga kalinya secara beruntun di GP Azerbaijan nanti.

ANTARA
 

Berita Terbaru