Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Harap Pemanfaatan SDA Harus Berdampak Positif bagi Daerah

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Juni 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng Henry berharap pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah Kalteng harus bisa memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, untuk bisa mewujudkan hal tersebut, optimalisasi pemanfaatan SDA Kalteng harus dilakukan secara terarah dengan mencakup berbagai aspek penting, utamanya dalam hal pengembangan hilirisasi industri pengelolaan SDA tersebut.

"Pemanfaatan SDA, tentunya harus memberikan dampak positif bagi daerah maupun masyarakat. Tidak bisa jika hanya dikelola, tapi hasilnya tidak benar-benar dirasakan.  Setiap aspek harus diperhatikan, agar rencana yang disusun itu matang, sehingga pengelolaannya menjadi terarah dan dapat memberikan hasil maksimal," ucapnya, Jumat, 2 Juni 2023.

Ia mengatakan, dalam perencanaannya tentu sinergi yang apik sangat dibutuhkan. Bagaimana pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota dapat menyortir apa saja hambatan dan keunggulan yang bisa ditangani dan dimaksimalkan.

"Melalui sinergi itu, nantinya bisa dirumuskan potensi SDA mana yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan terlebih dahulu. Sinergi bersama pemerintah pusat juga harus dilakukan, supaya ada kolaborasi antara program pusat dan daerah, sehingga semakin banyak program skala besar yang mendukung hiliriasi industri di Kalteng bisa segera terbangun," tuturnya.

Di sisi lain, ia juga meminta adanya dukungan pemerintah khususnya dari segi infrastruktur fisik, terutama akses jalan yang menjadi hal vital dan harus diperhitungkan pemerintah dalam rangka pemaksimalan pemanfaatan dan pengelolaan SDA bagi daerah.

"Infrastruktur fisik juga menjadi faktor kunci. Contohnya di wilayah DAS Barito yang memang kaya akan SDA yang mampu mendukung jalannya pengembangan industri. Tapi infrastruktur fisik disana kurang memadai, maka itu akan menjadi hambatan yang besar untuk mendapat hasil maksimal dari pemanfaatan SDA tersebut," tandasnya. (DONNY D/J)


TAGS:

Berita Terbaru